Pengertian dan Kegunaan HTML

apa itu html

Pengertian dan Kegunaan HTML – Menurut Wikipedia Hepertext Markup language (HTML) adalah sebuah Bahasa markah yang digunakan untuk membuat sebuah halaman web, menampilkan berbagai informasi di dalam sebuah penjelajah web internet dan performatan hiperteks sederhana yang ditulis dalam berkas format ASCII agar dapat menghasilkan tampilan wujud yang terintegrasi. Dengan kata lain, berkas yang dibuat dalam perangkat lunak pengolah kata dan disimpan dalam format ASCII normal sehingga menjadi halaman web dengan perintah-perintah HTML. Atau HTML merupakan Bahasa pemrograman standar yang digunakan untuk membuat sebuah halaman web, yang kemudian dapat diakses untuk menampilkan berbagai informasi di dalam sebuah penjelajah web internet (browser). Pengertian dan Kegunaan HTML.

pengertian dan kegunaan HTML

pengertian dan kegunaan

Sejarah HTML sendiri awalnya diciptakan oleh suatu perusahaan penjual perangkat keras dan lunak yakni IBM atau International Business Machines. Sekitar tahun 1980, IBM menciptakan sebuah Bahasa yang menggabungkan tag atau symbol dengan teks dalam sebuah dokumen. Bahasa yang diciptakan oleh IBM tersebut dikenal dengan sebutan markup language atau Generalized Markup Languange (GML). Selanjutnya ditahun 1986, ISO atau International Standart Organization mengeluarkan pernyataan bahwa GML yang kemudian diubah istilahnya menjadi SGML (Standart Generalized Markup Language) ditetapkan sebagai standar dalam membuat berbagai dokumen yang bisa membantu dalam bisnis maupun pekerjaan lainnya. Pengertian dan Kegunaan HTML.
Untuk versinya sendiri HTML dimulai dari :
1. HTML 1 Tahun 1991, yang digunakan untuk:
• Heading
• Hypertext
• Cetak tebal (bold)
• Cetak miring (italic)
• List
• Dan paragraph
Pada versi pertamanya hanya berisi teks saja. sebuah web hanya bisa berisi satu atau dua gambar saja, karena minimnya penggunaan gambar.
2. HTML 2 Tahun 1996
Pada tahun kedua ini terdapat penambahan fitur baru salah satunya adalah fitur form, versi HTML ini dapat dikatakan sebagai awal untuk membuat sebuah web interaktif.

3. HTML 3 Tahun 1997
Pada versi ke-3 ini lebih dikenal dengan HTML+ karena banyak penambahan fitur yang lebih fleksibel, salah satunya fitur table didalam paragraph.

4. HTML 3.2 Tahun 1997
Versi ini juga merupakan lanjutan dari HTML 3 hanya menambahkan sedikit kekurangan pada HTML 3.
5. Html 4 Tahun 1999
Tentu dong dengan perkembangan zaman fitur HTML ditambahkan kembali, pada versi ini HTML semakin interaktif dan menarik. Fitur yang ditambahkan seperti: imagemaps, link, dan sebagainya.
6. HTML 5 Tahun 2009
Versi ini merupakan versi HTML yang diperbaharui hingga sekarang yang secara resmi dirilis pada tahun 2009 yang menjadi standar terbaru sebuah web saat ini.

pengertian HTML

Nah itu beberapa pengertian, sejarah, dan versi dari HTML, lantas apa saja fungsinya HTML? Pengertian dan Kegunaan HTML.
Baca juga pengertian dan kegunaan HTTP.
Pengertian dan Kegunaann HTML. Untuk fungsinya sendiri HTML, memiliki beberapa fungsi diantaranya :
1. Membuat suatu halaman website yang bisa dibaca dan dipahami oleh pengguna dengan lebih mudah.
2. Menampilkan berbagai informasi di dalam sebuah browser internet.
3. Membuat link menuju halaman web lain dengan kode tertentu (hypertext).
4. Menandai elemen dan membuat online form, html juga berfungsi untuk menandai bagian-bagian dalam website diantaranya header, main, footer, navigation, dan lain-lain.
5. Sebagai dasar website.

Pengertian dan Kegunaan HTML. Untuk kegunaan HTML:
1. Mengintegrasikan gambar dengan tulisan.
2. Membuat Pranala
3. Mengintegrasikan berkas suara dan rekaman gambar hidup.
4. Membuat form Interaktif.
Cukup sampai disini artikel tentang Pengertian dan Kegunaan HTML, baca juga tentang cara memilih nama domain, dan jangan lupa anda yang mau buat website untuk pastikan nama domain kamu sesuai dengan keinginan kamu, yukh cek ajah di pamujiid.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *